Minggu, 30 Oktober 2022

Tugas Pendahuluan 2




1. Kondisi
[Kembali]

Pada praktikum uP&uC modul 1, kelompok kami memilih percobaan 3 kondisi 5.
Kondisi 5 : Ketika ditekan angka 5 pada keypad, muncul tulisan "Teknik Elektro Unand"

2. Gambar Rangkaian Simulasi [Kembali]


Rangkaian sebelum dijalankan


Rangkaian seteah di running


Rangkaian setelah tombol 5 pada keypad ditekan




Gambar program arduino



3. VideoRangkaian Simulasi [Kembali]




4. Prinsip Kerja [Kembali]
Rangkain menggunakan arduion, keypad, dan LCD tipe LM016L. Rangkaian menghubungkan arduino denagn keypad dan arduino dengan LCD. Pin analog pada arduino dihubungkan dengan LCD. Pin A0 dehubungkan dengan pin RS, yang merupakan pin untuk memilih data dikirim dan diterima. pin A1 dehubungkan dengan pin E, yang merupakan pin untuk persetujuan anable untuk tampilan dilayar. pin A2 dihubungkan dengan D4, pin A3 dihubungkan dengan D5, pin A4 dihubungkan dengan pin D6 dan A5 dihubungkan dengan D7. Karena dihubungkan dengan pin D4-D7 maka bit bisa 4 atau 8.

Pin digital pada arduino dihubungkan dengan keypad. pin 13 dihubungkan dengan pin 1, pin 12 dihubungkan dengan pin 2, pin 11 dihubungkan dengan pin 3, pin 10 dibhubungkan dengan pinA, pin 9 dihubungkan dengan pin B, pin 8 dihubungkan dengan pin C, pin 7 dihubungkan dengan pin D.

Cara kerja dari program yang digunakan adalah :
1. digunakan '#include' untuk deklarasi library LCD dan keypad karena proteus tidak memiliki library nya.
2 digunkan 'const byte' untuk ROW dan COLS untuk menyatakan jumlah baris dan kolom pada keypad.
3. digunakan 'char keys [ROWS][COLS] untuk melambangkan atau menggambarkan keypad pada matriks. disini digunka matrik 4x3 karena tombol pada keypad terdapat 4 baris dengan 3 kolom.
4. digunkan 'byte' rowPins[ROWS] dan [COLS] untuk menyatakan pin yang digunkan pada baris dan kolom.
5. digunakan 'void setup' untuk dungsi yang akan dieksekusi sekali
6. digunkan 'lcd.begin(20,4)' untuk mengatur baris dan kotom LCD. disini berarti terdapat 20 baris dengan 4 kolom.
7. digunakan 'void loop' untuk eksekusi berulang.
8. digunkan 'lcd.setCursor' untuk menentukan awal karakter muncul pada baris dan kolom
9. digunakan 'lcd.print' untuk menampilkan output yang diinginkan
 

5. Link Download [Kembali]

HTML                                            <<klik disini>>
Rangkaian Proteus                       <<klik disini>>                  
Video                                             <<klik disini>>
Arduino IDE                                   <<klik disini>>
keypad datasheet                            <<klik disini>>
LCD datasheet                                <<klik disini>>
Arduino uno datasheet                    <<klik disini>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Modul 4

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan Perancangan 2. Komponen 3. Dasar Teori 4. Listing Program 5. Flowchart ...